Wednesday, March 4, 2015

Cerdas Memilih Perusahaan Asuransi Mobil


Demi keamanan dan keselamatan kendaraan anda di masa yang akan datang dan demi keamanan dan kenyamanan Anda dan para pengguna jalan di sekitar Anda saat Anda melaju dengan mobil di jalan, sangat dianjurkan agar Anda memiliki asuransi mobil. Sehingga Anda akan terhindar dari masalah-masalah yang tidak diinginkan, apalagi yang menyangkut pengeluaran biaya yang besar.

Saat ini makin banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi mobil dengan harga yang semakin bersaing. Semakin bertumbuhnya persaingan perusahaan asuransi, sebetulnya semakin menguntungkan para konsumen. Ikuti beberapa tip ini untuk membantu memilih jenis asuransi mobil yang Anda butuhkan.

Harga premi

Saat memilih asuransi yang tepat untuk kendaraan
Anda, perhatikan nilai premi dan potongan yang bisa Anda dapat. Dengan andanya peraturan dari OJK di awal tahun 2014, premi asuransi semakin bersaing secara sehat. Banyak perusahaan yang sudah menggunakan tariff bawah atau rate minimum. Namun, sampai saat ini ada juga perusahaan asuransi yang masih menggunakan tariff yang sudah mereka tentukan sendiri (tentunya masih dalam batas yang diizinkan OJK). Kalaupun Anda mendapat premi yang murah, tapi pada saat terjadi musibah, asuransi pilihan Anda malah menyulitkan, bukankah sebaiknya Anda memilih yang (lebih) mahal namun memudahkan Anda? Anda harus selektif alam hal ini. jangan sampai anda membayar lebih mahal tapi tidak mendapatkan benefit yang lebih baik.


Perhatikan clausa.

Secara umum terdapat dua jenis asuransi mobil, yaitu total loss dan all risk. Total loss hanya mengganti biaya kendaraan yang hilang, sedangkan all risk mengcover kerusakan mobil saat Anda menabrak kendaraan lain dan juga pihak ketiga. Dengan nilai premi yang lebih tinggi, pada asuransi all risk Anda bisa menambahkan cover huru-hara, banjir, dan gempa bumi. Dan, beberapa perusahaan asuransi seperti Malacca Trust Insurace sudah dilengkapi dengan pelayanan mobil derek 24 jam, sehingga Anda bisa siap dibantu kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Proses Klaim

Saat proses klaim ke asuransi sebaiknya dicermati terlebih dahulu, ada beberapa asuransi mobil yang waktu menerima proses claim pelanggan berbelit-belit sekali harus ini lah harus itu lah kadang-kadang perlu waktu beberapa hari hanya untuk menunggu SPK (Surat Perintah Kerja) yang dikeluarkan pihak asuransi agar pihak bengkel bisa memperbaiki mobil kita. Hal-hal seperti ini kadang-kadang pelanggan merasa disepelekan dan banyak buang waktu. Sebaiknya pilih asuransi yang tidak rumit saat claim, Respon cepat, kurang dari 30 menit SPK sudah di tangan anda sehingga anda tinggal menenetukan kapan ke bengkel asuransi.

Cek rekan bengkel 

Setiap perusahaan asuransi mobil –di mana pun– telah memiliki hubungan kerja dengan bengkel body repair. Maka, saat Anda ingin melakukan klaim, pihak asuransi biasanya memberikan beberapa pilihan bengkel kepada pemegang polis. Jika anda sudah cocok dengan satu bengkel langganan yang sering anda kunjungi, tanyakan saja apakah bengkel tersebut menjadi rekanan sebuah perusahaan asuransi. Dengan begitu, anda akan dilayani dengan bengkel pilihan anda sendiri saat melakukan klaim.

Setelah anda memahami penjelasan di atas, tentunya anda sudah bisa menentukan asuransi mobil mana yang baik untuk anda pilih. Jika anda sembarangan menunjuk perusahaan untuk melindungi kendaraan anda tanpa mengetahui kelebihan dan kekurangannya  mungkin anda bisa-bisa kecewa dengan perusahaan tersebut.

No comments:

Post a Comment